R A W A P A D A

Saling berbagi dan merawat kehidupan

Menjadi Sayap Bagi Orang Lain

kupu - kupuPernahkah anda kesepian ? Bagaimana suasana hati anda ketika itu? Kelabu dan dingin? Lalu bayangkan, dalam suasana begitu, tiba-tiba seseorang hadir dan membuat hati anda hangat dan bahagia. Rasanya wow…sungguh menyenangkan.

Kalau ada seseorang yang istimewa menyentuh kehidupan kita, maka tiba-tiba kita akan melihat betapa sebenarnya dunia bisa menjadi sangat indah dan berarti.

Orang lain menunjukkan kepada kita bahwa harapan dan impian khusus kita bisa membawa kita jauh-jauh, dengan membantu kita melihat kedalam dan mempercayai siapa diri kita. Kalau orang yang istimewa itu menyentuh kehidupan kita, maka mereka mengajarkan bagaimana caranya hidup.

Hubungan yang terjalin harusnya memang seperti itu. Karena kita adalah “malaikat-malaikat dengan satu sayap”. Untuk bisa terbang kita membutuhkan orang lain dan demikian pula sebaliknya. Membuat diri kita menjadi saluran berkat bagi seseorang, senyuman yang tulus dan tepukan dibahu, mungkin bisa menarik seseorang dari tepi jurang, daripada tendangan keras di pantat (maaf).

Sampai kapan pun manusia tidak pernah bisa hidup sendiri, karena sejak awal manusia dikondisikan untuk hidup berkomunikasi. Anda dan saya membutuhkan orang lain, dan orang lain membutuhkan anda.

Bukan hanya untuk menunjukkan kelebihan, namun juga untuk menunjukkan kelemahan anda. Anda memerlukan orang lain untuk membantu mewujudkan mimpi besar yang anda miliki. Orang lain memerlukan anda untuk mengasah sikap dan memperkaya pola pikirnya.

Kalau ini menjadi maksud dari sebuah hubungan, maka hubungan yang terjalin seharusnya memiliki nilai lebih. Ini berarti bukan hanya sekedar Say Hello, namun terciptanya sebuah hubungan yang mampu memberikan pengaruh. Sehingga pada akhirnya perubahan (yang positif tentunya) terjadi pada orang dengan siapa kita menjalin hubungan.

Menjadi Sayap Bagi Orang Lain

Susahkah menjadi sayap bagi orang lain ? Bisakah kita menjadi “alat Bantu” untuk orang-orang disekitar kita ? Yang terpenting adalah, jadikan diri kita sebagai sahabat bagi orang lain terlebih dahulu, maka sahabat akan mudah ditemukan. Sediakanlah telinga yang mau mendengar, dan hati yang mau memahami, serta tangan yang siap menolong, kita pasti akan tercengang melihat akibat yang ditimbulkannya.

Milikilah kasih dan kebaikan hati. Karena hanya inilah bahasa yang dapat didengar oleh orang tuli, dan yang dapat dilihat oleh orang buta. Hanya kasih dan kebaikan hati yang dapat menjembatani setiap perbedaan yang ada. Itu semua berada dalam keputusan yang akan kita buat pada hari ini juga.

Pambudi Nugroho

Iklan

Single Post Navigation

22 thoughts on “Menjadi Sayap Bagi Orang Lain

  1. dahsyat sahabatku

  2. memang, kita hidup gak sendirian. semuanya sudah dibentuk, bahwa manusia membutuhkan manusia lain. coba kalo kita sedang bepergian pake motor, terus, ban bocor, apa yang Anda lakukan? segera cari tukang tambal ban. Atau mungkin pingin nambal sendiri? Ya kalo kita-kita ini mantan penambal ban. Atau coba bayangin, kalo tukang tambal ban nya gak mau bantu kita? hahaha.. repot kan!

  3. @ Achoey : Thanks atas apresiasinya dan waktunya untuk singgah. Kasih dan kebaikan hati memang sangat dasyat.

    @ Islamarket : Hahaha …setuju sobat. Komentar anda sangat melengkapi dan mewarnai tulisan saya.

    Salam sejahtera semua,

  4. mas….blog sy bebas suspend tuh

    waaah…cepet sekali ya saya marah2 langsung dibenerin dlm beberapa jam hehehehehe…udah niat bikin blog baru aja deh heheheh

    silahkan berkunjung ya

  5. ya…….benar…benar…kita seharusnya bisa menjadi berkat bagi sesama kita.PIKIRAN,TUTUR KATA DAN PERILAKU YANG BAIK MEMBUAHKAN KEGEMBIRAAN BAIK BAGI DIRI SENDIRI MAUPUN ORANG LAIN.

    semoga kasih dan berkat bersama kita.

  6. lovepassword on said:

    Wah judulnya saja sudah keren : Menjadi sayap bagi orang lain.

  7. om artikelnya bagus banget , sangat berhubungan dengan postingan saya , apalagi setelah syaa baca tulisan ini
    “Bukan hanya untuk menunjukkan kelebihan, namun juga untuk menunjukkan kelemahan anda. Anda memerlukan orang lain untuk membantu mewujudkan mimpi besar yang anda miliki. Orang lain memerlukan anda untuk mengasah sikap dan memperkaya pola pikirnya”

  8. @ Galz25 : Alhamdullilah Mbak. Aku turut senang.

    @ Yang kung : Ya.kita pasti bisa menjadi berkat bagi orang lain. semoga tulisan saya berkenan di hati Om Yang. Thanks atas waktunya.

    @ Love Password : haha…judul itu aku terinspirasi tak sengaja oleh sayap capung yang patah sebelah akibat ditangkap oleh anak2 di gang rumahku.

    Thanks, Salam Sejahtera semuanya.

  9. @ Rivanlee : Thanks Mas Rivan, postingan diblog anda pun begitu menyentuh hati saya. Salut buat kejujuranmu untuk mengakui kelemahan kita. semua adalah proses menuju pengharapan dan kedewasaan. Tetaplah menulis..

    Salam Sejahtera ,

  10. kasih sayang dan kebaikan hati memang mampu menjembatani setiap perbedaan yang ada. keren postingannya Mas. salam kenal ya…

    ==================================================
    Salam Kenal Juga. Thanks atas apresiasinya. Product diblog anda luar biasa. Salam Sejahtera

    Pambudi Nugroho

  11. saya juga pernah merasa kesepian dan butuh banget temen untuk berbagi masalah yang sedang menggerayangi otak saya .. disaat itulah saya merasa , saya sangat butuh orang lain .. yangbisa memahami saya .. yang bisa mendengar curhatan saya .. dan juga bisa menyelesaikan problem saya ..

    makasih ya pak .. dah berkunjung ke blog saya ..
    salam kenal dari anak bukittinggi ..

    =======================================================
    Sama2 Dika,
    hati2 juga kalau curhat nanti empatinya timbul lalu simpatik..hehe
    Thanks atas lawatannya. Salam Sejahtera buat keluarga di bukittinggi

    Pambudi Nugroho

  12. Sugeng tetepangan Kang mas Pambudi,

    Tulisan penjenengan mempertegas bahwa itulah makna kenapa MANUSIA hadir di bumi.
    Sebagai Hamba, Abdi, Batur, Jongos, Pembantu dari pada Tuhan. Yakni melayani Tuhan…melayani Tuhan dalam aksi, tindakan dan perbuatan MELAYANI sesama makhluk.

    Dalam Islam ( bukan NAMA Agama loh…) dinamakan SALAM.

    Sungguh renungan yg syarat denga HIKMAH,

    Salam Sihkatresnan

    ======================================================
    Terima kasih Kang Kayan,
    Sebagai orang kristianipun, saya banyak belajar dari kitab dan buku Imam Ali bin Abi Thalib yang sarat dengan spiritual

    Salam Sejahtera,
    Pambudi Nugroho

  13. saya setuju sekali mas…

    jujur saja walaupun kita berbeda keyakinan tapi ada titik temu antara kita juga dengan yg lainnya….betapa indahnya dunia ini apabila bisa saling pengertian satu sama lain dan mempertemukan persamaan2, walaupun beda tapi bisa saling menghargai dan menghormati….

    =====================================================
    Setuju mas Tono,
    Perbedaan lahir karena kitalah yang menciptakannya. Karena dunia tercipta memang untuk kita jalani bersama.

    Salam Sejahtera,
    Pambudi Nugroho

  14. Selamat malam Pambudi, senang bisa bolak-balik baca blognya, dan saya menikmati apa yang anda tulis, jangan hilang dari padamu kasih itu kalungkan pada lehermu karena kasih menutupi setiap perkara, menjadi sayap orang lain sesuatu yang patut di puji, menjadi penguat/prmberi energi baru merupakan sesuatu yang indah dan sempurna, semoga saya dapat melakukan seperti tulisan diatas tadi. Tulisan yang bagus yang menginspirasi dan memotivasi saya untuk hidup peduli bagi orang lain dan dapat m,elindungi orang lkain dengan baik. terima kasih komentnya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

    ======================================================
    Bu Agnes yang berbahagia,
    Tulisan diblog anda pun memberi nilai lebih pada rakyat yang tak hanya ada di kalimantan tengah, tapi juga diseluruh daerah.

    Thanks atas apresiasinya.
    Salam Sejahtera

    Pambudi Nugroho

  15. HHmm..menarik sekali Pak…
    Menjadi sayap bagi orang lain adalah merupakan impian saya,,,,
    Menjadi berguna bagi orang lain itu memberikan persasaan yang tak terukur bahagianya…..

    Cukup Allah saja lah yang membalasanya…. ๐Ÿ™‚

    Salam semangat Bocahbancar

    ======================================================

    Thanks Mas,
    Btw, gimana persiapan nikahnya..hahaha… pesta bujang seblogger indonesia yaa..semoga persiapan akad nanti berjalan dengan baik.
    Salam Sejahtera,
    Pambudi Nugroho

  16. Mantab bro… semangat selalu ๐Ÿ˜‰

    Salam KBM
    =============================
    Thanks Sobat…
    Teruslah semangat menulis Bro..

    Salam Sejahtera,
    Pambudi Nugroho

  17. betul mas, komunikasi adalah skill yang diperoleh ketika ada orang lain yang bisa diajak komunikasi. tanpa orang lain, niscaya tidak ada kata komunikasi di dunia ini.

    ===================================================

    Sependapat aku mas…
    berkomunikasi memang memerlukan proses kerelaan untuk memberi dan menerima.

    Salam Sejahtera
    Pambudi Nugroho

  18. Sependapat mas, sebisa-bisanya kita membantu sesama tanpa memandang suku,agama,ras dan lain-lainnya. Dengan meringankan beban sesama akan menjadikan diri kita berguna dan dengan sendirinya akan bahagia.

    Salam hangat dari Surabaya.

    ======================================================

    Bung Cholik, …..Arek-arek Suroboyo..
    Refleksi tulisan bung sangat menggugah nasionalis bangsa yang mulai redup. Merdeka..Merdeka tetap Merdeka !

    Salam Sejahtera buat handai taulan di Suroboyo
    Pambudi Nugroho

  19. mantab ……..

    =============

    Non L4nNy..apanya yang mantab ! Tulisan saya atau foto saya..haha
    btw, URL nya apa ya, biar saya bisa belajar banyak dari blogmu.

    Thanks atas lawatannya.
    Salam Sejahtera,
    Pambudi Nugroho

  20. This blog has been deactivated because we believe it does not comply with the WordPress.com Terms of Service or advertising policy.

    If your blog is designed to promote affiliate links, get rich quick programs, banner ads, consists solely or mostly of duplicate or automatically generated material, or is part of a search engine marketing campaign, WordPress.com is not the place for you. Please use the Export feature to move your content to a more appropriate hosting service.

    Occasionally we make mistakes. If you believe we have misclassified your blog, please click here to contact us as soon as possible so we can fix the problem.

    yahhhh blog saya kembali bermasalah………puyeng akuuuu….

    ====================================================
    Hmmm…Blog ini telah dinonaktifkan karena kami percaya ia tidak sesuai dengan WordPress.com Ketentuan Layanan atau kebijakan periklanan.

    Jika blog Anda dirancang untuk mempromosikan link afiliasi, mendapatkan program-program cepat kaya, iklan banner, atau hanya terdiri dari sebagian besar duplikat atau bahan yang dihasilkan secara otomatis, atau merupakan bagian dari kampanye pemasaran mesin pencari, WordPress.com bukan tempat untuk Anda. Ekspor gunakan fitur untuk memindahkan konten yang lebih tepat untuk layanan hosting.

    Kadang-kadang kita membuat kesalahan. Jika Anda yakin kami telah misclassified blog Anda, silakan klik di sini untuk menghubungi kami secepat mungkin sehingga kami dapat mengatasi masalah.

    Mbak Galuh, seperti yang saya komentarkan diblog mbak, dalam terms & condition WordPress salah satunya tidak diperkenankan wordpress sebagai komersil. Mungkin mbak pernah coba copy paste html iklan ??di sidebar text mbak ndak ?

    Mungkin sobat2 blogger silahkan ada yang mau membantu Mbak Galuh ? . Saya turut prihatin mbak, dan jangan mematahkan semangat mbak untuk menulis yaa

    Salam Sejahtera buat mbak dan keluarga.
    Pambudi Nugroho

  21. Saya setuju dengan isi postingan ini Mas…Jadilah Sayap Bagi Orang Lain..
    Judul yang indah sekali ๐Ÿ™‚

    =====================================

    Thanks Yep
    Salam Sejahtera,
    Pambudi Nugroho

  22. KangBoed on said:

    Hehehe miliki dan temukan dahulu CINTA SEJATI.. dan rasakan bagaimana ketika kita merasakan keindahan CINTA.. tersenyum mesra terhadap sesama dalam CINTA dan KASIH SAYANG
    Salam Sayang Sahabatku

    =====================================

    Kakangku, haha..rinduku sudah terobati atas kehadiranmu.
    Salam sejahtera kang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: