R A W A P A D A

Saling berbagi dan merawat kehidupan

Apa Yang Diinginkan Wanita

Bila istri anda berkata ia ingin ” merasa aman “, apakah artinya ? , menurut kamu apa artinya bila seorang wanita berkata ia menginginkan rasa aman? tanya saya kepada seorang teman. ” itu artinya aku tidak boleh berhenti bekerja “, jawabnya. ” aku harus membanting tulang agar urusan financial tetap lancar. Jika hal itu menuntut sering bekerja lembur atau melakukan pekerjaan yang sebenarnya tidak kusukai, apa boleh buat ?.

Namun teman saya itu merasa bingung sendiri. Ia pikir istrinya menginginkannya selalu mencukupi semua kebutuhan keluarga, namun disisi lain menginginkannya untuk selalu makan malam bersama. Mungkinkah itu ? maybe Yes maybe No !. Banyak pria frustasi dengan apa yang mereka pikir merupakan harapan istrinya, padahal para wanita tidak berharap sedemikian jauh. Itulah hasil riset di amerika baru-baru ini setelah mewancarai lebih dari 1000 istri.

Betul, kaum wanita menginginkan rasa aman , namun yang dimaksudkan ternyata berbeda dengan apa yang dipikirkan para pria. Bagi seorang wanita, rasa aman paling penting adalah emosional, yaitu perasaan yang terhubung dan dekat dengan pria bahwa pria ada untuknya, bagaimanapun keadaannya. Tentu kebutuhan financial sangatlah penting, namun bagi kebanyakan wanita , agaknya bukan prioritas utama. Percaya atau tidak , dalam survey tersebut tujuh dari sepuluh wanita yang telah menikah berkata bahwa mereka lebih memilih permasalahan financial daripada retaknya hubungan.

pria

Fakta ini sedemikian jelas bagi kebanyakan wanita namun mayoritas pria justru sulit mempercayainya , termasuk saya. Sebaliknya , para wanita pun sulit percaya pendapat kaum pria yang berpikir rasa aman secara financial itu lebih penting dibandingkan apapun bagi wanita. ” Jadi pada dasarnya para pria berpikir bahwa kami semua wanita adalah materialistis ? bahwa kami lebih memilih barang-barang ketimbang kebahagian? Kata teman saya pada suatu obrolan.

wanita

Riset Shaunti yang dilakukan untuk bukunya terdahulu menunjukkan bahwa tiga perempat pria ” selalu ” atau ” sering ” , sadar akan beban mereka memenuhi kebutuhan financial dan kebanyakan suami melupakan faktor lain. Para suami terlalu sering mendefinisikan diri dengan pekerjaan mereka ; dan membiarkan keberhargaan diri dibungkus didalamnya. Para suami beranggapan bahwa jam kerja panjang adalah cara menunjukkan kasih kepada istri.

Padahal bukan seperti itu yang dikehendaki para isteri. Yang lebih diinginkan isteri sebenarnya adalah waktu dan perhatian. Bila waktu dan perhatian lebih banyak diberikan untuk pekerjaan, itu berarti pekerjaan lebih penting ketimbang isteri. Isteri tidak lagi menjadi prioritas. Pilihan yang pria buat, seolah membuatnya merasa terpisah dan tidak dikasihi. Pria dan wanita memandang dengan cara berbeda , Jeff Feldhahn dengan cermat mendefinisikan arti  ” rasa aman secara emosional ” bagi para wanita :

1. Ia akan merasa aman bila dekat dengan pria / suami

Rasa dekat antara suami dan isteri jauh lebih penting dibanding yang lainnya. Bagi para wanita, kedekatan ini menjadi faktor utama keamanan emosional. Lebih dari kedekatan fisik, kedekatan yang dimaksud melibatkan aspek keintiman yang lain, termasuk hal-hal kecil yang merupakan bagian pria sebagai kekasih dan sahabat bagi pasangannya.

2. Ia akan merasa aman bila pria / suami memberi waktu bersama sebagai suatu prioritas.

Sampai saat ini saya berpikir bahwa pekerjaan adalah wujud kepedulian terhadap keluarga. Isteri akan lebih aman bila ia dan anak-anak menjadi prioritas utama saya setelah Tuhan dan diatas pekerjaan. Seorang wanita pernah berkata saya : ” bila aku tahu ia selalu menyediakan waktu untukku, aku akan mampu menghadapi setiap pergumulan keuanganku”.

3. Ia akan merasa aman bila anda menunjukkan komitmen.

Para isteri perlu diyakinkan bahwa para pria memiliki komitmen yang kuat untuknya dan akan melakukan segala sesuatu dengan penuh kekuatan demi melindungi hubungan yang harmonis.

4. Ia akan merasa aman bila pria / suami bertindak sebagai orang tua yang aktif.

Para wanita rindu melihat suaminya aktif didalam kehidupan keluarga, bahkan bila itu berarti harus mengesampingkan hal lain. Bila tidak hati-hati, tekad mulia untuk mencukupi kebutuhan keluarga, justru mencegah pria untuk mengambil peran aktif didalam kehidupan keluarga.

5. Ia akan merasa aman bila pria / suami melakukan usaha serius untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

Usaha yang pria buat buat untuk memenuhi kebutuhan keluarga jelas menambah rasa aman secara emosional, sekalipun penghasilan yang diperoleh mungkin tidak seperti yang diharapkan. Pria mungkin berfokus pada hasil, namun para isteri berfokus pada usaha yang membuatnya merasa dikasihi, sepanjang itu tidak mengorbankan elemen-elemen lain dari keamanan emosional.

Uraian tersebut sangat jelas bahwa kita perlu mencari keseimbangan. Para pria atau suami dirancang untuk memiliki keinginan mencukupi kebutuhan, namun jauh di mata isteri, keberadaan sang pria atau suami jauh lebih berarti ketimbang potensi untuk mengejar uang. Bagi saya keluarga itu penting. Jelas. Secara personal , bahagia dan derita kita banyak ditentukan oleh keluarga.

Seseorang boleh saja memiliki segalanya dalam hidup ini, tetapi kalau keluarganya berantakan, ia akan menderita. Sebaliknya , andai pun kita hidup dalam kondisi biasa-biasa saja, tetapi kalau keluarganya harmonis , ” bertumbuh sehat ” , ” berkembang indah ” , tentu tidak akan jauh dari kebahagian. Sebaiknya hindarilah segala sesuatu yang dapat meretakan hubungan suami isteri , apalagi harus mengambil jalan tidak adil bagi sang anak , yakni perceraian. Membiasakan keterbukaan dan komunikasi yang penuh kejujuran adalah langkah yang efektif untuk memelihara dan merawat suatu perkawinan.

Secara sosial menurut saya , keluarga adalah pondasi yang mampu menopang komunitas lebih luas diatasnya. Kita tidak bisa berharap banyak dari lembaga agama ataupun pemerintah , ketika untuk menjadi komunitas yang kokoh dan teguh, kalau keluarga-keluarga didalamnya rapuh. Keluarga yang sehat akan berimbas positif pada masyarakat luas disekitar dan dikomunitas paling besar , yakni berbangsa.

Maka kalau kita ingin membangun negara ini lebih maju dan beradab , mulailah dari keluarga. Seperti petikan lagu sinetron Keluarga Cemara yang pernah populer di televisi beberapa tahun lalu :

Harta yang paling berharga adalah keluarga.

Istana yang paling indah adalah keluarga ,

Puisi yang paling bermakna adalah keluarga,

Mutiara tiada tara adalah keluarga.

keluarga

Pambudi Nugroho : tulisan ini kupersembahkan untuk isteriku tercinta : Shinta Natalia Dewi, sebagai refleksi dalam menyambut hari ulangtahun pernikahan kita yang ke 7.

Iklan

Single Post Navigation

5 thoughts on “Apa Yang Diinginkan Wanita

  1. galz25 on said:

    artikel yang bagus mas. So Sweet….btw Happy anniversary…

    salam kenal…

  2. Salam kenal juga mbak Galuh ,

    Thanks atas kehadiran & komentar anda.

  3. galz25 on said:

    mas bisa bhs belanda ya..thanks commentnya di puisiku…

  4. Saya tahu sedikit kok Mbak. Mbak Galuh yang lebih mahir bhs belanda, sastra pula.

    Thanks atas added request di FB. aku udah confirm loh mbak.

    God bless you

  5. galz25 on said:

    okey, thanks lho. blog mas ada di blog ku skrg…yihaaa….

    matur nuwun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: