R A W A P A D A

Saling berbagi dan merawat kehidupan

Menggali Potensi Karyawan Melalui Teater

Sebuah Catatan pengalaman acara Outbound karyawan – karyawati

PT. Arthagraha General Insurance di Ciloto 28 – 29 Maret 2009

Dalam situasi ketatnya persaingan industri asuransi , tentunya tuntutan perusahaan kepada para karyawan selama ini hanya berorientasi pada target , efesiensi dan produktifitas. Ditempat lain , karyawan sendiri berada pada titik jenuh , suntuk dan tidak bergairah. Proses komunikasi diantara merekapun tidak bersifat bebas atau terbuka. Kinerja terbentuk mungkin lebih dipengaruhi secara struktural, hubungan atasan – bawahan , berisi intruksi kebawah dan laporan keatas , pada akhirnya kurang memberi ruang bagi karyawan untuk menyumbangkan serta mengembangkan gagasan – gagasan segar dari pribadi karyawan.

Dari keprihatinan inilah saya salah satu bagian karyawan di tempat saya bekerja , merasa terpanggil atas kondisi semangat karyawan yang mulai redup. Apalagi sering kali para staff karyawan di tiap divisi melontarkan ide kepada saya untuk membuat suatu acara : outbound. Perhatian rekan sekerja, sangat menggugah hati saya untuk mendiskusikan kepada rekan se-managemen , ditengah kesibukan saya sebagai seorang tenaga pemasaran.

Awalnya saya merasa pesimis karena terbentur pada persoalan dana. Entah mengapa , dana yang kami perlukan tersebut tidak saya bicarakan langsung kepada Direksi. saya hanya ingin mencoba lebih kreatif untuk mencari dana keluar. Kebetulan , sebagai perusahaan Asuransi kami memiliki relasi bisnis seperti Reasuransi , Reasuransi Broker dan bengkel rekanan. Dari relasi tersebut kami meminta partisipasi dana, dan akhirnya danapun berhasil kami himpun.

Dikawasan Ciloto – Cipanas , kami menyewa villa yang berdiri diatas bukit. Begitu luas pemandangan dibawah bukit. Hamparan hijau pohon dan tanaman diantara barisan rumah yang terlihat kecil. Udara yang begitu sejuk , sangat mengurangi kepenatan para peserta yang selama ini bergelut dengan waktu dan pekerjaan yang membosankan. Jauh dari kebisingan kota dan angkuhnya gedung pencakar langit. Sayangnya , banyak bangunan villa menjamur diatas kawasan hijau pepohonan. Yang justru berfungsi untuk menahan erosi tanah dan menyerap air hujan. Inilah mengapa Jakarta terus menerima banjir kiriman. Ironisnya tanah dan bangunan villa tersebut kebanyakan dimiliki oleh pebisnis dari jakarta. Celetuk nakal teman saya mengatakan : ah..orang kota yang serakah, orang kota juga yang menuai badai. Tapi saya tidak akan membahas masalah itu di catatan saya kali ini.

PICT0169

Outbound : membentuk kekompakan dan kerjasama (team work)

Kata Outbound , tentu saja sering kita dengar. Istilah outbound ini berasal dari kata Out of bound , yang berarti jauh diluar garis batas. Outbound mengandung pengertian luas dimana seluruh kegiatan tersebut membawa setiap peserta kesuatu kegiatan yang “luarbiasa” dalam arti “keluar zona nyaman”  (Comfort Zone) ke Zona tumbuh (growth zone). Karena tantangannya adalah pertumbuhan pribadi (self growth) & juga kelompok (Team growth ).

Pertumbuhan pribadi berkaitan dengan pengembangan watak & keterampilan berhubungan antar manusia (inter – relationship skill). Kedua hal tersebut berkaitan dengan sikap mental (attitude) seseorang yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap kelompoknya.

Membangun Tim yang solid melalui permainan kreatif

Melalui aneka permainan perkenalan yang dibuat oleh tim kreatif kami , tampaknya beberapa permainan berhasil membongkar jarak pemisah antara atasan dan bawahan. Tiap peserta dibawa kesuasana yang cair , menyenangkan , terbuka dan bersifat interaktif karena melibatkan hubungan yang intensif yang tercipta dari proses permainan ini.

P3280121

Selain lucu dan unik , spontanitas menambah kegairahan untuk cepat akrab dan menyatu. Tak ada lagi jurang pemisah antara peserta. Uniknya yang selama ini menjadi “ bawahan” di kantor justru menonjol untuk berperan menjadi pemimpin pada tiap – tiap  kelompok. Inilah kebutuhan awal pembentukan suatu tim yang solid dalam proses kerja sama. Tanpa disadari , setiap individu peserta secara spontan berani mengeluarkan ide , usulan satu sama lain untuk menyelesaikan tugas kelompok dengan baik. Kerelaan untuk menerima dan memberi masukan , akan membawa keharmonisan dalam proses komunikatif menjadi dialog dua arah.

P3280104

Kekompakan dan kerjasama ( teamwork ) ini akan teruji di masing – masing kelompok. Didalam kelompok akan terlihat peserta yang masih terasa asing, kaku, pasif dan bersikap saling menunggu. Itu hal yang wajar ketika proses komunikasi terbentuk dalam sebuah system yakni ; struktural hubungan atasan – bawahan ( top-down ) di organisasi perusahaan.

P3280115

Keahlian menyusun strategi untuk mencapai tujuan bersama , bukanlah semata berorientasi pada sebuah kemenangan. Lahirnya daya konsentrasi, kreativitas dan imajinasi akan terbentuk dari sebuah kerelaan dan kepekaan antar pribadi peserta bagaimana untuk merefleksikan bahwa keberadaan “ bawahan” ternyata amatlah penting , sehati sepikir untuk berjalan bersama didalam visi dan misi suatu perusahaan.

P3280098

Menggali Potensi Karyawan Melalui Pementasan Teater

Dari rangkaian seluruh proses permainan tersebut , tiap peserta kelompok melakukan catatan refleksi untuk didiskusikan dalam menyiapkan sebuah narasi naskah. Interaksi peserta dalam permainan rakyat menjadi latihan dasar untuk persiapan mementaskan atau mempresentasikan sebuah tema. Tim kreatif panitia menentukan sebuah tema sebagai panduan yang diambil dari realitas pekerjaan sehari – hari di kantor. Tiap peserta dalam kelompok membagi lakon atau peran sesuai dengan tema yang dipilihnya.

Dilapangan yang terletak diatas bukit , sebuah gazebo kecil kami sulap menjadi panggung pementasan drama. Dekorasi yang teramat sederhana , kain hitam , merah dan Koran menjadi paduan artistik bersama redupnya cahaya lampu , bintang , bulan dan api unggun. Didepan panggung beralaskan terpal yang besar , peserta duduk bersama menjadi pononton sekaligus pemain. Tim musik mengadopsi lagu “ini dia sijali – jali” sebagai lagu pengantar yang mengiringi pemain memasuki panggung dengan tarian lenong.

IMG_0651

Gemuruh tawa penonton pun tak tertahankan, ketika pementasan dimulai. Suasana malam yang dingin menjadi hangat. Para penonton bebas merespon dialek pemain secara spontanitas. Ini amat mengejutkan sesama rekan sekerja , ketika melihat pementasan peserta yang mungkin tidak pernah bermain teater . Selama ini dalam keseharian kami dikantor , kami hanya melihat bagaimana menjalankan tugas sebagai karyawan. Ternyata para karyawan mampu mementaskan drama tanpa menghapal. Dialog per dialog lahir secara spontanitas. Proses mencipta dialog tersebut adalah suatu keberhasilan individu peserta untuk menguraikan pesan kepada penonton , yang terkandung dalam proses interaksi satu sama lain.

P3280218

Pada akhir cerita , satu kelompok akan terpilih sebagai juara. Catatan saya sebagai orang yang pemerhati teateral , kalah atau menang bukan menjadi persoalan. Ketika konsep teater memasuki karyawan – karyawati dalam acara outbound kami ini , hal penting yang akan menjadi catatan kita bersama adalah mendobrak dinding pemisah dalam berkomunikasi. Bahwa kerelaan dan kepekaan untuk saling menerima kekurangan dan keberhasilan orang lain , menjadi motivasi per individu untuk lebih kreatif menggali potensi diri. Karena Tuhan sudah menciptakan kita untuk memiliki talenta.

IMG_0647

Proses outbound ini harus menjadi sebuah aksi , bukan menjadi album kenangan romantis belaka.Ketika kita kembali kedalam rutinitas pekerjaan , sebagai karyawan staff maupun non staff , apapun jabatan kita yang terpenting adalah jangan pernah berhenti untuk terus menemukan dan menggali potensi diri. Berfikirlah positif dan berproses secara kreatif dari berbagai catatan pengalaman hidup sehari – hari selaku pekerja. Jika kita rajin mencatat dan merefleksikannya , segala kekurangan dan kelemahan akan menjadi motivasi untuk maju. Ya , berkarya dan terus berkarya.

Pambudi Nugroho di malam sabtu 03 April 2009

Iklan

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: